Selamat Memperingati Hari Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal berapa di bulan November beserta momen tersebut masuk dalam tanggal merah atau hari libur nasional atau tidak.

Masyarakat Indonesia memiliki hari besar di bulan November ini, yaitu Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Adapun tahun 2021 peringatan telah mencapai tahun ke-76, di mana sama dengan HUT RI.

Ketetapan Hari Pahlawan setiap 10 November berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Libur. Amanat ini ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Awal mula atau sejarah Hari Pahlawan dipicu oleh tragedi berdarah tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ketika itu, TNI dan rakyat Indonesia dari beragam latar belakang bersatu melawan pasukan Inggris yang menyerang Kota Pahlawan dan menjadi pertempuran pertama dengan pihak asing pasca kemerdekaan.

Sebenarnya bentrokan antara Indonesia dan Inggris mulai mereda menjelang akhir Oktober 1945, namun kembali memuncak setelah Brigadir Jenderal Mallaby yang merupakan Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur meninggal dunia pada 30 Oktober 1945.

Penyebab kematian Jenderal yang masih simpang siur tersebut direspons lebih oleh pasukan Inggris dan ingin menggempur wilayah Surabaya.

Dikutip dari website semarangkota.go.id, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh sebagai pengganti Mallaby mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945.

Ultimatum tersebut meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan kepada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Selain itu ancaman Inggris juga akan menggempur Kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila Indonesia tidak mematuhi perintah dari pasukan Inggris.

Meski demikian, rakyat Surabaya justru menolak mentah-mentah permintaan Inggris. Akibatnya pertempuran pun tidak bisa dihindarkan selama seminggu.

Terdapat lebih dari 20.000 arek-arek Surabaya menjadi korban, sebagian besar merupakan warga sipil. Sementara 150.000 warga lainnya harus meninggalkan kota.

Oleh karena itu, sebagai momen peringatan atas jasa-jasa pahlawan dan warga yang telah mengorbankan nyawa membela Tanah Air, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November adalah Hari Pahlawan.

Tahun 2021 ini, Hari Pahlawan 10 November jatuh pada hari Rabu. Meskipun ini merupakan momen bersejarah, namun tidak ditetapkan sebagai tanggal merah nasional atau hari libur.

Bulan November 2021 tidak memiliki tanggal merah atau cuti bersama, kecuali memang hari Minggu tanggal 7, 14, 21, dan 28.

Sementara hari libur atau tanggal merah selanjutnya adalah hari Natal tanggal 25 Desember 2021 yang jatuh pada hari Sabtu.

Demikian penjelasan sejarah Hari Pahlawan Nasional beserta ketetapan apakah tanggal 10 November 2021 tanggal merah atau tidak.***

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: